Harga Smartphone
Sedang memuat....Istilah dan Kamus yang ada di Android....

Istilah dan Kamus yang ada di Android

Istilah dan Kamus yang ada di Android – Android merupakan sistem operasi yang diperuntukkan untuk smartphone dan gadget lainnya yang diciptakan oleh Google yang namanya sedang naik daun di pasaran. Android ini bersifat open source yang dimana siapa saja bisa memodifikasi sistem android tersebut yang sangat berguna untuk orang awam yang sedang belajar. Android sendiri berbasis Sistem Operasi Linux.

Media Smartphone akan berbagi informasi mengenai istilah istilah yang ada di Android, untuk orang awam pengetahuan ini sangat diperlukan untuk menunjang pengetahuan yang akan berkembang selanjutnya. Mari saja kita simak informasi di bawah ini,

Android

Android

Versi Android

Versi Sistem Operasi Nama Sistem Operasi
Android Versi 1.5 Cupcake
Android Versi 1.6 Donut
Android Versi 2.0 / 2.1 Eclair
Android Versi 2.2 Froyo
Android Versi 2.3 Gingerbread
Android Versi 3.0 Honeycomb
Android Versi 4.0 Ice Cream Sandwich
Android Versi 4.1 Jelly Bean
Android Versi 4.4 Kitkat
Android Versi 5.0 Lollipop

Istilah Umum di Android

Firmware

  • Apa itu firmware? Firmware adalah Read Only Operating System yang bersifat tetap dan pengguna sebenarnya tidak memiliki hak akses untuk melakukan perubahan apa pun terhadap setiap data yang tersimpan di dalam Firmware. Namun orang orang sangat berkreatif dan pintar, karena firmware tersebut dapat dimofikasi sesuai keinginan dari orang tersebut, namun untuk melakukan perubahan perubahan sistem ni, harus diperlukan pengetahuan mengenai bahasa dari program program OS tersebut, karena bisa saja jika ada kesalahan, android malah tidak bisa dijalankan.

ROM

  • ROM kepanjangan atau singkatan dari Read-Only Memory, yang merupakan sebuah media penyimpanan dari sebuah perangkat yang berisi data dari Operating System Android tersebut. Penggunaan standar dari ROM ini adalah bersifat tetap dan tidak dapat diubah maupun di edit, yang bertujuan agar pengguna tidak merubah atau memodikasi sistem yang ada karena dapat menyebabkan perangkat sistem operasi Android tidak dapat berfungsi normal. Untuk ROM sendiri ada 2 jenis, yaitu Stock ROM dan Custom ROM. Stock ROM merupakan sebuah Firmware yang secara resmi dibuat dikeluarkan oleh developper dari smartphone yang bersangkutan. Nah sedangkan untuk Custom ROM adalah Sebuah Firmware Resmi yang sudah dimofikasi oleh sekelompok orang / individu sedemikian rupa sehingga menjadi Sistem Operasi yang berbeda tergantung modifikasi apa yang telah diubah.

Flash / Flashing

  • Flash / Flashing adalah sebuah istilah yang hampir sama dengan laptop atau komputer, yaitu upaya untuk menginstall kembali sistem operasi dengan yang lebih fresh / baru. Upaya Flash ini dikarenakan bisa karena OS Android tersebut sudah banyak yang error atau sudah tidak berjalan normal. Untuk mengembalikan semua data menjadi data pabrikan diperlukan Flash Firmware Stock ROM, dengan demikian kita akan dibawa ke keadaan dimana kita akan menemui seting dan fitur seperti semula.

Rooting

  • Root / Rooting adalah sebuah proses untuk mendapatkan hak akses user administratif dari Sistem Operasi di smartphone yang kita gunakan sehingga kita bisa bebas memodifikasi data di dalamnya. Untuk dapat melakukan Root , Pengguna harus menyipkan beberapa bahan dan alat tersendiri yang digunakan untuk melakukan root tersebut. Namun harus digunakan secara hati hati, karena jika kita salah proses, bisa saja smartphone kita terjadi bootloop. Android memanglah sebuah Sistem Operasi yang Open Source, artinya pengguna dapat melakukan modifikasi apapun.  Namun, untuk mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan, biasanya pihak developer sendiri telah membatasi akses user administratif tersebut.

Bootlop

  • Sebuah kondisi dimana Smartphone kita terus menerus melakukan boot dan tidak dapat melanjutkan ke proses berikutnya. Sistem kerja bootloop sama halnya ketika kita hidupkan smartphone kita akan terjadi boot dan setelah itu smartphone akan kembali melakukan restart, dan begitupun seterusnya. Biasanya keadaan bootloop ini terjadi karena adanya kesalahan dari modifikasi sistem operasi.

CWM

  • CWM adalah singkatan dari ClockWork Mod, yang merupakan recovery mode yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi yang lebih banyak dari recovery mode standard yang sudah ada dalam sistem Android. Untuk dapat menginstall CWM ini, harus dilakukan rooting terlebih dahulu. Apakah aplikasi CWM ini penting karena fungsi ini dapat melakukan backup sistem, internal storage, dan menyimpannya ke dalam sd card. Untuk yang suka ganti ROM  dan ketika ingin kembali ke ROM yang diinginkan, kita tinggal melakukan restore, tanpa harus flash ulang dan install banyak aplikasi lagi.

Harga Xiaomi Mi4i

Harga HP Di Bawah 1 Juta

Modding

  • Modding Adalah sistem modifikasi dari aplikasi yang telah ada pada awal mulanya. Sistem modifikasi ini butuh ketrampilan programming serta butuh software spesifik untuk dapat mengerjakannya. Hal semacam ini tak mesti dikerjakan, tetapi cukup tau saja Smile. Yang paling banyak dikerjakan yaitu cuma meng-install mod aplikasi yang telah ada saja. Aplikasi yang umum dimodif umumnya yaitu aplikasi system serta sebagian aplikasi yang telah ada di PlayStore. Langkah meng-install mod aplikasi system, cukup install saja dari CWM.

Kernel

  • Ini yaitu sisi akhir dari kajian kita pada kesempatan ini Open-mouthed smile. Kernel adalah inti dari suatu System Operasi yang berperan juga sebagai penghubung pada hardware dengan software. Pekerjaan kernel yakni untuk mengatasi Driver, Power Management, dan lain-lain. Kernel pada Android bisa pula dimodifikasi, tetapi tak dapat asal-asalan kita ganti kernel, namun mesti yang sesuai sama atau yang direferensikan oleh developer dari Custom ROM yang kita pakai.
  • Ketika kita meng-install Custom ROM, umumnya telah termasuk juga modifikasi dari kernelnya. Tetapi, terdapat banyak smartphone yang mengunci kernelnya, jadi kita cuma dapat ganti ROMnya tanpa ada ganti kernel. Umpamanya, pada smartphone Xperia, supaya bisa ganti kernel diperlukan satu sistem lagi yakni unlock bootloader.

 

Istilah Lainnya di Android

  • Android Market (Play Store): Tempat dimana applikasi untuk Android berada, kebanyakan bersifat gratis.
  • AOSP: Android Open Source Project. Android merupakan sistem operasi yang open source, dimana kita dirujuk untuk mengunduh kode yang ada di android
  • APK : file aplikasi yang ada di android
  • Android SDK : Merupakan paket starter yang berisi tools, sample code, dan dokumentasi penggunaan yang berguna untuk pengembangan aplikasi Android.
  • ADB (Android Debug Bridge) Tools : Tool yang dipakai untuk command terminal di sistem android. Perintah dasar seperti : ADB Push (upload file ke sistem android), ADB Pull (download file dari sistem Android), ADB Install (install apk (paket installasi) file ke sistem android)
  • Android Virtual Device (AVD) : Merupakan Emulator untuk menjalankan OS android di PC dekstop maupun laptop under Windows ataupun Mac maupun Linux.
  • App2SD : Mekanisme memindahkan data secara otomatis di /data/app di internal memory (yang berisi paket aplikasi apk file) ke /data/app di sdcard, dengan partisi yang serupa..yaitu ext2/ext3.
  • Bootloader: internal mode di handphone yang membantu dalam flashing dan aktivitas lain
  • Build.prop : merupakan file konfigurasi hardware dan OS Android.
  • Busybox : Kumpulan command-command linux shell yang dipakai di sistem Android.
  • Backup : Cadangan, bentuk media bisa jadi file, hasil copy dari file (mirror) image yng di ambil dari harddisk atau operating system dan bisa juga file dibuat oleh aplikasi backup untuk restore. Apps Titanium Backup,Nandroid.
  • DDMS (Dalvik Debug Monitor Server) : Merupakan aplikasi untuk nge-debug atau menelusuri proses berjalannya aplikasi-aplikasi di OS Android, dan juga dapat dipakai sebagai file manager maupun screencapture/screenshot display di Android.
  • Dalvik VM : Bagian dari arsitektur Android, merupakan virtual machine yang berfungsi sebagai runtime aplikasi Android antara JAVA programming dan Library C/C++.
  • Framework-res : File yang dipakai untuk tema di sistem Android.
  • Recovery Mode: adalah satu sistem yang dapat dikerjakan di Android saat sebelum masuk OS. Sistem ini serupa BIOS di computer di mana kita dapat merubah konfigurasi hardware di Android. Lewat Recovery mode kita dapat juga lakukan flashing ROM (ganti OS), format data, system serta factory reset. Tempat partisi untuk Recovery tidak sama dengan OS apabila OS ditukar Recovery ada kemungkinan Recovery bakal memperoleh efeknya. Flashing Stok ROM umumnya bakal kembalikan Recovery mode ke Stok Recovery juga. Walau demikian, Custom ROM kemungkinan tak merubah Recovery mode, tergantun Custom ROM yang diambil.
  • Superuser : Merupakan file yang dipakai untuk masuk sebagai su (superuser), administrator di sistem android.
Lagi HOT !!! Baca : Harga dan Spesifikasi iPhone 7 

Istilah dan Kamus yang ada di Android | Citra Putri | 4.5
error: Content is protected !!